Cara UBL, TWRP dan Root Semua Tipe Realme [UPDATE]

Cara UBL, TWRP dan Root Semua Tipe Realme [UPDATE]

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah informasi mengenai banyak hal untuk semua perangkat Realme. Hal ini berkaitan dengan UBL atau Unlock Bootloader, TWRP dan Root. Mungkin bagi beberapa pengguna hal ini sudah tidak asing karena hal ini sangat dibutuhkan oleh mereka.

Namun bagi beberapa pengguna mungkin masih asing dengan istilah-istilah tersebut. Padahal ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bila mengaktifkan hal-hal tersebut namun juga ada kekurangannya.

Hal-hal seperti UBL, TWRP dan Root pada perangkat Realme ini juga hampir sama seperti perangkat Xiaomi namun ada sedikit perbedaan dalam cara unlock bootloader nya. 

Catatan :

  • Tutorial ini berlaku untuk perangkat Realme 2 Pro, 3, 3 Pro, 5, 5i, 5 Pro, X, X2 Pro, XT untuk sementara ini.
  • Unlock Bootloader ini dapat menghapus seluruh data pada perangkat kamu jadi harap lakukan backup data terlebih dahulu.
  • Mungkin akan ada perubahan fungsi-fungsi pada sistem dan Widevine akan berubah menjadi L3.
  • Harus menggunakan PC / Laptop dengan OS Minimal Windows 7.
  • Pastikan untuk mengaktifkan USB Debugging pada perangkat.

Apa itu UBL, TWRP dan Root ?

Istilah ini sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi karena ini merupakan istilah lama. UBL atau Unlock Bootloader ini adalah salah satu langkah awal yang harus dilakukan untuk mendapatkan akses penuh terhadap perangkat kamu dengan cara membuka kunci bootloader.

Sedangkan untuk istilah TWRP atau Team Win Recovery Project adalah sebuah Recovery Mod yang memiliki fitur-fitur lebih banyak dibandingkan recovery bawaan dari perangkat. 

Lalu untuk istilah Root ini diperlukan untuk mendapatkan izin kontrol yang lebih tinggi lagi. Biasanya berfungsi untuk menggunakan aplikasi-aplikasi dengan fungsi yang sangat bagus seperti Migrate, ScreenCam dan banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan

Ada beberapa kelebihan serta kekurangan bila kamu melakukan UBL, pemasangan TWRP dan Root pada perangkat Realme kamu. Beberapa kelebihannya ini sangat menguntungkan sekali untuk para pengguna dan kekurangannya ini sangat minim.

Berikut ini saya jelaskan lengkap kelebihan serta kekurangan bila melakukan Unlock Bootloader, Instal TWRP dan Rooting.

Kelebihan :

  • Memiliki akses penuh pada perangkat yang fungsinya dapat mengkustomisasi sistem seperti pemasangan Custom ROM, Patch dan Tweak lainnya.
  • Akses root memungkinkan kamu menggunakan aplikasi-aplikasi yang bagus contohnya GCam bila perangkat kamu belum aktif Cam2Api.
  • Mudah dalam memperbaiki perangkat yang mengalami masalah Bootloop dan yang lainnya.
  • Performa pada perangkat biasanya meningkat.

Kekurangan :

  • Garansi perangkat akan hangus oleh karena itu disarankan untuk pengguna yang baru menggunakan perangkatnya mengurungkan niat.
  • Tidak dapat melakukan pembaruan OTA atau Sistem Operasi melalui aplikasi OTA Resmi. Jadi jika kamu masih tetap ingin menggunakan Stock ROM bisa melakukan upgrade secara manual.

Biasanya bagi yang sudah tidak asing lagi dengan hal ini akan mengabaikan hal tersebut karena bila melakukan UBL, TWRP dan Root akan memenuhi kebutuhan mereka.

Ada beberapa hal yang harus kamu ikuti bila ingin melakukan unlock bootloader pada perangkat Realme kamu. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah aplikasi Deeptesting dan alat-alat yang dibutuhkan lainnya.

APK Deeptesting

Sebelum memulai kamu harus mengunduh aplikasi Deeptesting yang sesuai untuk perangkat kamu sekarang ini. Dibawah ini saya akan memberikan daftar aplikasi deeptesting untuk perangkat Realme yang sudah resmi bisa di UBL.

Perangkat File APK
Realme 2 Pro Color OS
Realme 3 Color OS
Realme 3 Pro Realme UI
Realme 5 Color OS - Realme UI
Realme 5i Color OS -  Realme UI
Realme 5 Pro Color OS -  Realme UI
Realme X Color OS -  Realme UI
Realme X2 Pro Color OS -  Realme UI
Realme XT Color OS -  Realme UI

Pastikan kamu mengunduh aplikasi Deeptesting yang sesuai dengan perangkat yang digunakan dan OS yang kamu gunakan juga contohnya seperti Color OS dan Realme UI. Karena bila kamu salah memilih aplikasi Deeptesting kami tidak bertanggung jawab atas hal yang terjadi.

Cara Unlock Bootloader Realme

  1. Pertama kamu bisa mengunduh aplikasi Deeptesting sesuai perangkat yang digunakan lalu pasang aplikasi tersebut.
  2. Setelah itu kamu bisa ketuk "Start applying" lalu akan muncul tampilan Disclaimer, kamu bisa centang "I have read and agreed to the aforesaid content" dan ketuk Submit application.

    Start Applying and Confirm Disclaimer

  3. Nanti tampilan aplikasi akan berubah menjadi Application submitted, bila status pada aplikasi sudah berubah menjadi Review successful (biasanya kurang dari 1 jam saja) kamu bisa ketuk Start the in-depth test untuk masuk ke mode Fastboot yang terdapat tulisan fastboot_unlock_verify ok.

    Review Succesfully and Click Start in Depth Test

  4. Selanjutnya kamu bisa mengunduh software bernama Platform Tools terlabih dahulu dan menginstalnya di laptop atau PC kamu.
  5. Hubungkan perangkat Realme kamu ke PC / Laptop menggunakan kabel USB.
  6. Setelah itu kamu bisa masuk ke folder Platform Tools yang sudah kamu pasang tadi lalu tekan SHIFT dan Klik Kanan lalu pilih Open windows command here.
  7. Kemudian kamu bisa ketik perintah fastboot devices.

    Fastboot Devices

  8. Lalu ketik perintah fastboot flashing unlock untuk membuka bootloader pada perangkat.

    Fastboot Flashing Unlock

  9. Kemudian akan muncul tampilan pada perangkat "Unlock bootloader?" lalu kamu bisa tekan tombol Power Up untuk memilih Unlock atau mensetujui proses Unlock Bootloader.

    Pilih Unlock The Bootloader

  10. Selanjutnya kamu bisa pilih Fastboot Mode menggunakan tombol Volume Atas dan Bawah.

    Pilih Fastboot Mode

  11. Kembali ke layar Laptop / PC kamu, ketik perintah fastboot reboot untuk memulai booting perangkat kembali.

Cara Pasang TWRP Realme

Jika kamu sudah melakukan UBL, kamu bisa menginstall TWRP pada perangkat Realme kamu. Untuk tahap install TWRP ini hampir sama untuk setiap perangkat hanya saja ada perbedaan untuk file-file yang dipakai.

Karena cara install TWRP pada setiap perangkat berbeda-beda saya akan menyajikan beberapa artikel khusus untuk beberapa perangkat, berikut ini.

Perangkat Tutorial
Realme 2 Pro Coming Soon
Realme 3 Coming Soon
Realme 3 Pro Coming Soon
Realme 5 Disini
Realme 5i Coming Soon
Realme 5 Pro Coming Soon
Realme X Coming Soon
Realme X2 Pro Coming Soon
Realme XT Coming Soon

File-file yang dibutuhkan untuk setiap perangkat ini berbeda-beda, jadi pastikan kamu melihat artikel Pasang TWRP yang sesuai dengan perangkatmu.

Cara Root Realme

Jika kamu sudah memasang TWRP pada perangkat Realme kamu tentunya akan sangat mudah untuk mendapatkan akses Root ini. Hal pertama yang kamu persiapkan adalah mengunduh file Magisk.zip yang berfungsi membuka akses Root pada perangkat. Berikut ini file tersebut dan langkah-langkahnya.

Langkah-langkah :

  1. Masuk ke mode recovery atau TWRP.
  2. Setelah itu kamu bisa ketuk menu Install lalu cari file Magisk.zip yang sudah kamu unduh tadi., 

    Pilih Menu Install dan Cari file Magisk

  3. Jika sudah ketemu, pilih file tersebut dan Geser untuk menginstal file tersebut.

    Geser untuk melakukan Flash dan tunggu proses selesai

  4. Bila proses flashing file sudah selesai, kamu bisa ketuk Reboot System.

Itulah cara lengkap melakukan UBL, TWRP dan Root pada perangkat Realme. Tutorial ini tentunya sudah diuji coba sebelumnya dan sudah digunakan banyak pengguna.

Selamat mencoba tutorial ini dan pastikan kamu memeriksa semuanya dengan detail agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.